Popular Post

Tuesday, August 17, 2010

MICHAEL ESSIEN

Nama Lengkap : Michael Kojo Essien
Tempat Lahir : Berlin, Ghana
Tanggal Lahir : 03-12-1982
Kebangsaan : Ghana
Posisi : Gelandang
Klub Sebelumnya :Lyon, Bastia










Kojo Michael Essien (juga disebut sebagai Mickaƫl Essien) (lahir 3 Desember 1982) adalah seorang pemain sepak bola Ghana yang kini bermain untuk klub Chelsea di Liga Premier. Dia adalah gelandang serba bisa yang dapat memainkan beberapa peran posisi gelandang (baik defensif maupun ofensif).

Ia adalah tipikel pemain langka karena kemampuannya yang dianggap serba bisa, ia bisa bermain di semua sektor lapangan tengah mulai gelandang bertahan, gelandang serang, pemain sayap semua peran tersebut pernah ia perankan.

Ia juga bisa dimainkan sebagai seorang bek jika dalam keadaan terdesak. Baik itu menjadi bek sayap maupun bek tengah. Suatu saat Chelsea pernah dilanda badai cedera untuk para pemain bertahannya dan Essien bisa menggantikan mereka tanpa canggung.

Essien juga terkenal memiliki visi permainan yang tajam serta stamina yang seolah tiada habisnya, ia juga seorang pemain yang memiliki tendangan luar kotak penalti yang keras, tak jarang ia mampu mencetak gol dari kebiasaanya tersebut.

Ia bermain juga untuk tim nasional Ghana. Antara musim panas 2007 hingga musim panas tahun 2009,ia tercatat pernah menjadi pemain sepak bola termahal dari Afrika.

24.4 Juta Pounds adalah harganya ketika dibeli Chelsea dari klub Perancis Olympique Lyonnais. Namun pencapaian tersebut sekarang telah dikalahkan oleh pemain Togo, Emmanuel Adebayor, yang pindah dari Arsenal ke Manchester City dengan biaya transfer sebesar 25 juta Pounds pada musim panas tahun 2009.

Essien sering dijukuki dengan julukan "Bison" untuk menggambarkan kerasnya gayanya bermain di tengah lapangan, ia seakan memiliki energi tak terbatas dan fisik yang luar biasa untuk berduel di lapangan.


No comments:

Post a Comment